Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GAMBARAN TUGAS BAGIAN REDAKSI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT


Pikiran Rakyat

Ada beberapa gambaran tugas Redaksi Bagian Umum Pikiran Rakyat. Berdasarkan data yang didapat dari bagian Litbang, Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat dipimpin oleh Pemimpim Umum yang membawahi Bagian Redaksi, Tata Usaha, Personalia, Umum dan Riset (Penelitian dan Pengembangan).
Bagian Redaktur dipimpin oleh seorang pemimpin redaksi.  Dalam jabatan pemimpin redaksi dirangkap oleh Manajer.  Divisi Manajer harus diangkat pula Wakil Pemimpin Redaksi yang berfungsi sebagai pemimpin harian.  Sedangkan Jabatan Wakil Pemimpin Redaksi dipersamakan dengan Manajer atau Kepala bagian.
Pemimpin Redaksi menerima instruksi dari dan bertanggung jawab kepada direksi, cq pemimpin umum melalui kepala divisi redaksi, serta memberikan instruksi kepada dan menerima laporan pertanggungjawaban dari unsur-unsur pimpinan yang membawahinya. 
Dalam tugas, pemimpin redaksi khususnya pemimpin harian redaksi dibantu oleh :
1.     Redaktur Pelaksana Bidang Polkam
2.     Redaktur Pelaksana Bidang Ekuindang
3.     Redaktur Pelaksana Bidang Kesra dan Sosbud
4.     Radaktur Pelaksana Bidang Perwajahan
5.     Redaktur Pelaksana Bidang Penelitian dan Pengembangan
Jabatan redaktur pelaksana di atas dipersamakan atau setingkat Kepala Urusan yang terdiri dari :
1.     Redaktur Desk Bandung Raya
2.     Redaktur Desk Daerah Jawa Barat
3.     Redaktur Desk Nasional
4.     Redaktur Desk Nusantara
5.     Redaktur Desk Ekuindang
6.     Redaktur Desk Internasional
7.     Redaktur Desk Olah raga
8.     Redaktur Desk Artikel
9.     Redaktur Pikiran Rakyat Minggu
10.  Redaktur Malam Foto
11.  Kepala Urusan Mentoring
12.  Kepala Urusan Dokumentasi
13.  Kepala Sekretariat Redaksi.
Setiap redaktur membawahi wartawan-wartawan yang berkewajiban untuk mencari, mengumpulkan, membuat berita atau tulisan.  Tugas para redaktur adalah menentukan atau memilih layak tidaknya suatu berita atau foto untuk dimuat, mengedit naskah dan bertanggung jawab atas keputusannya.
Seperti halnya penerbitan perusahaan surat kabar lainnya, PT Pikiran Rakyat pun struktur organisasinya atau tata kerjanya disusun ke dalam dua bagian besar yang terpisah, yaitu Bagian Perusahaan dan Redaksi. Kedua bagian tersebut dipimpin oleh seorang Direktur/Pemimpin Umum yang berada di bawah pengawasan suatu Dewan Komisaris.
Berikut ini adalah gambaran tugas Bagian Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat, mulai dari Pemimpum Umum hingga Bagian Usaha :
1.     Pemimpin Umum bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan.  Ia dapat melimpahkan pertanggungjawabannya terhadap hukum kepada Pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional) dan kepada Pemimpin Usaha sepanjang menyangkut pengusahaan penerbitan.
2.     Pemimpin Redaksi adalah orang pertama yanng bertanggung jawab terhadap semua isi penerbitan pers.  Sesuai dengan UU Pokok Pers, pemimpin redaksi bertanggung jawab jika ada tuntutan hukum yang disebabkan oleh isi pemberitaan pada penerbitannya.  Tetapi, dalam prakteknya, pemimpin redaksi bisa mendelegasikan kepada pihak lain yang ditunjuknya.  Tugas utama pemimpin redaksi adalah kegiatan keredaksian di perusahaan yang meliputi penyajian berita, penentuan liputan, pencarian fokus pemberitaan, penentuan topik, pemilihan berita utama (headline), berita pembuka halaman (opening news), menugaskan atau membuat sendiri tajuk tersebut.
3.     Pemimpin Harian Redaksi adalah orang yang mendapat kepercayaan dari Pemimpin Umum untuk membantu dalam pengelolaan di bidang usaha.  Ia mendapat kepercayaan penuh mengendalikan usaha untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya guna kesejahteraan karyawan.  Dalam operasional sehari-hari, pemimpin perusahaan mempunyai beberapa manajer yang akan memimpin bidang-bidang yang dibutuhkannya.
4.     Redaktur Pelaksana adalah jabatan yang dibentuk membantu pemimpin redaksi melaksanakan tugas-tugas keredaksiannya.  Dalam pelaksanaan tugas, redaktur pelaksana mengatur pelaksanaan tugas sesuai dengan yang digariskan oleh pemimpin redaksi.
5.     Redaktur adalah petugas yang bertanggung jawab terhadap isi halaman surat kabar.  Tugas radaktur adalah menerima bahan berita, baik dari kantor berita, wartawan, koresponden, atau bahkan press release dari lembaga, organisasi, instansi pemerintah atau perusahaan swasta.
6.     Wartawan adalah seseorang yang bertugas mencari, mengumpulkan dan mengolah informasi menjadi berta, untuk disiarkan melalui media massa.
7.     Bidang Teknik Perwajahan ( Lay out) adalah mempunyai peranan yang sangat penting dari suatu penerbitan pers, karena hasil kerja layout inilah yang berhadapan langsung dengan konsumen atau pembacanya.  Tata letak dari suatu penerbitan pers merupakan pengembangan dari bagian layout, yaitu satu bagian yang mengatur penempatan berita.  Gambar atau foto dalam halaman surat kabar atau majalah.
8.     Bagian Usaha bertugas menyebarluaskan media massa, yakni melakukan pemasaran atau penjualan.  Bagian ini merupakan sisi komersial meliputi sirkulasi/distribusi, iklan dan promosi.
Setiap desk mempunyai tugasnya masing-masing.  Setiap desk terdiri dari redaktur dan wakil redaktur, serta beberapa wartawan.  Di Harian Umum Pikiran Rakyat mempunyai beberapa desk yaitu :     
1.     Desk Bandung Kota.  Dalam desk ini, para wartawan bertugas meliput berita di daerah kota Bandung.  Setiap penjuru kota ditempatkan satu wartawan, seperti Bandung Barat, Bandung Timur, Bandung Selatan, Bandung Tengah dan Bandung Utara.  Kemudian tempat-tempat yang dianggap penting yaitu Balai Kota Bandung, Gedung Sate, Kantor DPR, Pengadilan Negri Bandung, Polda Bandung, Polwitabes, Rumah Sakit Hasan Sadikin, Polres Cibabat dan lain-lain, dengan ditugaskan satu wartawan juga.
2.     Desk Olah raga. Desk olah raga bertugas untuk meliput berita-berita olahraga, baik dalam maupun luar negri.  Khusus untuk peliputan daerah Bandung, yang paling diutamakan adalah Persib Bandung, dengan ditempatkan satu wartawan. Sedangkan untuk daerah-daerah tertentu ditempatkan responden.  Daerah tersebut yaitu Jakarta, Tasikmalaya, Garut dll.  Untuk olahraga luar negri Pikiran Rakyat mendapatkan berita dari kantor berita luar negri seperti AFP, REUTERS, dan lain-lain yang langsung diterjemahkan oleh wartawan dan dibuat beritanya.  Pikiran Rakyat juga mendapatkan berita dari kantor berita dalam negri yaitu Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA.
3.     Desk Luar Negri.  Desk ini biasanya mendapatkan berita langsing dari AFP, kemudian diterjemahkan dan dibuat beritanya.
4.     Desk Dalam Negri.  Desk ini bertugas meliput berita-berita yang terjadi di dalam negri.  Biasanya berita-berita tersebut didapat dari koresponden-koresponden yang ada di daerah tersebut, dan didapat dari Antara (kantor berita Indonesia).
5.     Desk Ekonomi dan Keuangan.  Desk ini bertugas meliput berita ekonomi dan keuangan yang terjadi di Bandung khususnya dan umumnya seluruh Indonesia.
6.     Desk Jawa Barat.  Desk ini bertugas membuat berita-berita sekitar daerah Jawa Barat.  Setiap daerah-daerah yang ada di Jawa Barat, Pikiran Rakyat telah menempatkan koresponden, kemudian koresponden tersebut mengirimkan berita-berita yang telah didapatnya melalui modem atau melalui internet.
7.     Desk Foto.  Desk ini bertugas untuk mengatur pemuatan foto yang akan disajikan pada surat kabar untuk esok harinya atau bisa juga foto-foto yang ada dari AFP maupun Antara.





1 komentar untuk "GAMBARAN TUGAS BAGIAN REDAKSI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT"